Skip to main content
sambutan kadis KP Kota Kendari saat pembukaan RAT AJL TAhun Buku 2018

DKP Kota Terus Lakukan Pendampingan Koperasi Perikanan

KSU AJL Gelar RAT Tahun Buku 2018

Dalam rangka  penyampaian pertanggung jawaban pengurus Koperasi Serba Usaha (KSU) Adi Jaya Lestari (AJL) Kendari Caddi, menggelar Rapat Tahunan Anggota (RAT) Tahun Buku 2018, berlangsung di Sekretariat KSU AJL Kelurahan Kendari Caddi, Kecamatan Kendari, Selasa (5/3). Dalam RAT tersebut turut dihadiri Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Kendari Agus Salim Safrullah, Kadis Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM yang diwakili Kabid Koperasi Andi Radja, Koordinator NSLIC (National Support for Local Investment Climates)/ National Support for Enhancing Local and Regional Economic development (NSELRED) Kota Kendari, Hj. Nurhasniati, Anggota Badan Pengawas dan puluhan anggota dan pengurus KSU Adi Jaya Lestari.

Menurut paparan Pengurus KSU AJL yang dibacakan sekretarisnya, bahwa koperasi ini dengan kiprahnya penuh dinamika selama kurang lebih 10 tahun, dengan jumlah anggota saat ini sebanyak 25 orang. Berdasarkan jenis usaha, awalnya telah mengelola unit usaha rumah makan namun berhenti. Saat ini telah mengelola usaha pabrik es berkapasitas 25 ton disamping mengelola unit coldstorage milik Pemerintah Kota Kendari dengan sistem Kerjasama Sewa Pakai (KSP), serta usaha penjualan hasil-hasil laut. Menurut H. Herman Hermansyah (Ketua KSU AJL),  saat ini telah memiliki investasi miliaran rupiah untuk memulai usaha dengan modal awal memperoleh bantuan kredit Rp. 4,2 Miliar melalui Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan (LPMUKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan dengan sistem bagi hasil. Berdasarkan laporan, jumlah Sisa Hasil Usaha (SHU) Tahun Buku 2018 sebesar Rp. 63,7 juta. Ada yng menarik yang dilakukan Pengurus KSU ini, lanjut Herman, adalah akan mengutus naik umroh kepada mitra kerjanya. “kami akan menyiapkan satu orng naik umroh setiap tahun bagi pemasok ikan terbesar di unit usaha koperasinya“, ujarnya   

Sementara itu, Kadis KP Kota Kendari Agus Salim Safrullah selaku pembina sangat mengapresiasi usaha yang dilakukan KSU AJL, karena dari 9 koperasi perikanan yang ada di Kota Kendari, hanya KSU AJL yang melakukan RAT tepat waktu. RAT menurut Agus, pihak Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) akan terus melakukan pendampingan kepada koperasi-koperasi perikanan di Kota Kendari, karena itu adalah amanat undang-undang. Setiap koperasi perikanan harus laksanakan RAT setiap tahun, dan tepat waktu yang tidak hanya seremoni dan menggugurkan kewajiban, tetapi harus betul-betul dilaksanakan di depan para pengurus dan anggotanya. "RAT memiliki arti yang cukup strategis untuk mengukur sehat atau sakitnya (tidak aktifnya) suatu koperasi, karena didalamnya dibahas laporan pertanggungjawaban pengurus, rencana kerja, serta rencana anggaran pendapatan dan belanja koperasi. Ada 3 unsur untuk menjamin eksis dan surviva-nya suatu koperasi yaitu pengurus, pengawas dan anggota koperasi", katanya.

Kadis Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Kendari, yang diwakili Yusmawati, menjelaskan pentingnya RAT, sangat mtlak dan harus dilaksanakan yang mencerminkan ciri dan sendi utama dalam menggerakan koperasi, sehingga implementasi dan semangatnya harus hidup dengan asas kekeluargaan.

Koordinator NSLIC Kota Kendari Hj. Nurhasniati yang menanggapi laporan pertanggung jawaban pengurus koperasi AJL, pihaknya membuka ruang untuk selalu berkoordinasi dan berkonsultasi terkait bilamana ada rencana pelatihan bagi perempuan yang tergabung dalam anggota koperasi, yang bertujuan untuk peningkatan pengetahuan pengolahan hasil-hasil perikanan guna meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan anggota dan keluarganya. (aes)

Add new comment

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.