Skip to main content
Penyuluh saat menjadi konsultan pelaku usaha perikanan

Mirnawati Firdaus, S.Pi, M.Si : Penyuluh Perikanan Harus Mampu Jadi Konsultan Para Pelaku Utama Perikanan

#kabar_penyuluhan_perikanan

Seorang penyuluh perikanan harus mampu menjadi agen informasi teknologi bagi pelaku utama perikanan.  Mereka adalah garda terdepan dalam upaya peningkatan pengetahuan, keterampilan dan sikap pelaku utama perikanan.  Melalui proses penyuluhan diharapkan ada transfer informasi baik terkait ilmu pengetahuan teknis sesuai kebutuhan dan spesifikasi lokasi, maupun transfer teknologi kelautan dan perikanan yang terekomendasi dan ramah lingkungan.

“Melayani pelaku utama untuk berkonsultasi misalnya, adalah salah satu aplikasi dalam mentransfer informasi dari penyuluh perikanan kepada pelaku utama” ujar Mirnawati Firdaus, salah seorang Penyuluh Perikanan Kota Kendari. 

Diawal tahun 2019, tercatat telah beberapa kali pelayanan konsultasi  yang telah diberikan oleh penyuluh perikanan, salah satunya adalah terkait mekanisme untuk memperoleh fasilitasi bantuan pemerintah dalam menunjang peningkatan produksi perikanan yang tengah digeluti.

Menjawab hal tersebut, Mirnawati memberikan pencerahan sekaligus mensosialisasikan KEPMEN KP No 14 Tahun 2011, tentang Pedoman Umum Penumbuhan dan Pengembangan Kelembagaan Pelaku Utama Perikanan. Di dalam KEPMEN tersebut, dijelaskan bahwa salah satu bentuk fasilitasi pemerintah dan pemerintah daerah dalam pemberdayaan kelembagaan pelaku utama perikanan dapat dilaksanakan melalui inisiasi dan kemandirian dalam berkelompok (membentuk kelompok – kelompok pelaku utama), yang selanjutnya melalui pendampingan penyuluh perikanan tumbuh menjadi kelompok-kelompok usaha perikanan yang legal dan mandiri.

Ketika Menjadi Konsultan

Pada Selasa Tanggal 15 januari 2019 lalu, seorang pelaku utama perikanan mendatangi penyuluh perikanan kota kendari (baca: konsultasi), terkait harapannya untuk menumbuh kembangkan usaha penangkapan kepiting yang selama ini digelutinya agar semakin meningkat.  Harapannya dengan sentuhan pemerintah, usahanya menggeliat dan terus berkembang.

“bisa ji pak di fasilitasi ki’, saran saya sebaiknya bapak menginisiasi pembentukan kelompok usaha penangkapan ikan yang terdiri dari beberapa orang yang seprofesi” demikian penjelasan bu Mirna selaku penyuluh perikanan yang kebetulan bertemu dengannya.  “nanti sy fasilitasi ki’ mekanisme pembentukannya. Catat mi ki no telepon ku, kalo sudah terkumpul beberapa orang teman ta, bisa mi hubungi saya”, lanjut penyuluh perikanan tersebut yang memiliki wilayah binaan Kecamatan Mandonga ini.

Kegiatan tersebut tidak terhenti di sana, selanjutnya dalam rentang waktu pembinaan dan pendampingan akan terus dilakukan guna peningkatan pengetahuan, keterampilan dan sikap pelaku utama perikanan, dengan bersinergi dengan Programa dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Kendari. (aes/mir)**

Add new comment

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.