Skip to main content

Dinas Perikanan Kota Kendari Mendapat Kunjungan dari IRJEN KKP

Tim Inspektorat Jenderal KKP melakukan Monitoring Evaluasi di Dinas Perikanan Kota Kendari pada tanggal 17 Januari 2020. Kegiatan ini dilakukan untuk melihat apakah bantuan yang telah diberikan oleh KKP kepada masyarakat nelayan sudah termanfaatkan atau tidak.

            Adapun objek yang di monitoring dan di evaluasi  terdiri dari bantuan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI kepada masyarakat berupa:

  1. Asuransi Nelayan,

Tahun 2019 Nelayan Kota Kendari yang mendapatkan program Asuransi Nelayan Bantuan Pemerintah sebanyak 246 orang  dari kuota sebanyak 400 orang, ini disebabkan karena sebagian nelayan belum terdata di Kartu Kusuka. Kegiatan  monev asuransi nelayan dilaksanakan di ruang rapat Dinas Perikanan Kota Kendari dengan memanggil 25 orang nelayan yang sudah mendapatkan Program Asuransi Bantuan Pemerintah Tahun 2019 untuk di lakukan wawancara oleh IRJEN KKP.

Monev kepada penerima asuransi nelayan

 

  1. Bantuan Alat Tangkap.

Untuk Bantuan alat tangkap IRJEN KKP melakukan monitoring dan evaluasi dengan cara mengadakan kunjungan lapangan ke KUB penerima bantuan alat tangkap yaitu   KUB. Bungkutoko bahari di Kel. Bungkutoko, KUB. Sahabat Nelayan di Kel. Petoaha, KUB. Sikuyu di Kel. Lapulu dan KUB Karunia di Kel. Kessilampe dari hasil kunjungan tersebut semua alat tangkap yang telah diserahkan kepada Kelompok Usaha bersama (KUB) sudah termanfaatkan.

Monev ke kelompok nelayan penerima rawai

 

  1. Mobil berpendingin (Termo King)

Irjen KKP juga melakukan kunjungan lapangan dalam rangka monitoring dan evaluasi bantuan di Koperasi Adi Jaya Lestari Kel. Kendari Caddi sebagai penerima mobil berpendingin atau Termo King, dari hasil kunjungan lapangan diketahui bahwa mobil tersebut telah digunakan sebagai alat transportasi pemasaran antar pulau di Sulawesi Tenggara.

Monev kepada penerima mobil pendingin

 

  1. Show Case Freezer

Bantuan Show Case berupa Freezer Tahun Anggaran 2019 di berikan kepada KUB Denasalam Kel. Kendari Caddi, adapun hasil monitoring dan evaluasi yang dilakukan oleh Irjen KKP diketahui bahwa alat tersebut  telah dimanfaatkan oleh KUB Denasalam sebagai tempat penyimpanan hasil olahan perikanan yang di produksi oleh kelompok Denasalam.

Monev kepada kelompok nelayan sahabat nelayan

sumber:bidangpemberdayaandankelembagaanusahaperikanan

Add new comment

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.