Skip to main content

Dinas Perikanan Melakukan Sosialisai Program Kegiatan Kepada Masyarakat Pesisir

Di awal tahun 2020 Dinas Perikanan Kota Kendari bersama penyuluh perikanan  melakukan sosialiasi program-program Kementerian Kelautan dan Perikanan ( KKP ) dan program Pemerintah Daerah Kota Kendari. Melalui bidang Pemberdayaan dan Kelembagaan Usaha Perikanan, kegiatan ini sudah berlangsung setiap tahunnya. Program sosialisai ini ditujukan kepada masyarakat khususnya yang berada di pesisir pantai yang menjadi pelaku usaha di sektor kelautan dan perikanan.

Sosialisasi ini telah dilakukan di 2(dua) kecamatan yaitu Kecamatan Nambo dan Kecamatan Abeli  dan 8 (delapan)Kelurahan Pesisir yaitu Kelurahan Tondonggeu, Kelurahan Sambuli, Kelurahan Petoaha, kelurahan Nambo, kelurahan Bungkutoko, kelurahan Talia, Kelurahan Poasia, Kelurahan Lapulu dan  Kelurahan Puday.

Adapun program yang disosialisasikan adalah:

  1. Program satu data melalui Kartu Kusuka (Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan) dimana semua pelaku usaha di sektor kelautan dan perikanan seperti nelayan, pembudidaya, pengolah dan pemasar harus terdata di kartu kusuka melalui Penyuluh Perikanan.
  2. Program perlindungan bagi nelayan dan pembudidaya

Program perlindungan berupa asuransi bantuan pemerintah diberikan kepada nelayan kecil di bawah 10 GT ( jenis asuransi jiwa ) dan pembudidaya ( asuransi ke jenis usahanya ) berdasarkan Juknis BPAN syarat utama untuk bisa mengikuti Program Asuransi Bantuan Pemerintah adalah sudah terdaftar di aplikasi Kartu Kusuka.   Selain itu bagi nelayan yang tidak bisa mengikuti  program asuransi bantuan pemerintah seperti pemilik kapal dan ABK maka dapat berasuransi secara mandiri, Untuk asuransi mandiri Dinas Perikanan Kota Kendari menggandeng BPJS Ketenagakerjaan dalam sosialisasi yang dilaksanakan di 8 kelurahan pesisir.

  1. Program-program Pemberdayaan
  • Program pemberdayaan SeHAT Nelayan ( Sertifikat Hak Atas Tanah Nelayan)

Program ini diperuntukkan bagi nelayan yang mempunyai tanah dan belum disertifikatkan, program ini sangat membantu nelayan ketika tanahnya sudah disertifikatkan, dapat menambah modal usaha dengan mengangungkan sertifikatnya melalui perbankan dengan dana KURnya atau melalui BLUD. Untuk Tahun 2020 kuota SeHAT Nelayan untuk Kota Kendari sebesar 200 bidang tanah.

  • Program pemberdayaan melalui Bantuan Sarana Prasarana Perikanan Tangkap

Bantuan sarpras bagi nelayan dapat diperoleh dengan cara berkelompok dan memasukkan proposal bantuan yang diinginkan ke Dinas Perikanan Kota Kendari tetapi dengan syarat utama harus terdaftar di aplikasi kartu kusuka.

  • Program pemberdayaan melalui fasilitasi pendanaan

Fasilitasi pendanaan bagi pelaku usaha di sektor Kelautan dan Perikanan  dengan menggandeng perbankan (BRI, BNI, Mandiri, Bank Sultra) maupun non perbankan yaitu BLUD LPMUKP (Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan).

  1. Program Penyuluhan dan Pelatihan

Melalui Program Penyuluhan dan Pelatihan baik yang dilaksanakan oleh Dinas Perikanan Kota Kendari maupun yang di fasilitasi oleh Dinas Perikanan Kota Kendari dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi pelaku usaha di sektor kelautan dan perikanan.

sumber:bidangpemberdayaandankelembagaanusahaperikanan

Add new comment

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.