Skip to main content
Sosialisasi BRI

DINAS PERIKANAN MENGGANDENG BRI MENGADAKAN SOSIALISASI

Dinas Perikanan Kota Kendari kembali mengadakan sosialisasi program KKP dan program Pemerintah Daerah di kecamatan Kambu pada tanggal 28 Januari 2020. Dengan menggandeng BRI, yang juga mensosialisasikan program dana KUR (Kredit Usaha Rakyat) Mikro dan Kecil. Program Dana KUR ini untuk diberikan kepada individu dan/atau kelompok usaha yang produktif dan layak namum belum memiliki tambahan atau agunan tambahan belum cukup untuk dana KUR itu sendiri.

 Camat Kambu, Alda Kesutan Lapae, S.Si ketika membuka kegiatan ini mengatakan sangat mendukung upaya yang dilakukan Dinas Perikanan Kota Kendari dan pihak BRI yang berinisiatif untuk mensosialisasikan program-programnya dan mendorong warganya untuk menangkap peluang-peluang yang ditawarkan tersebut”.    

 

Adapun program dinas perikanan yang disosialisasikan adalah:

  1. Kartu Kusuka (Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan) dan Penyuluhan dan Pelatihan. Program satu data melalui Kartu Kusuka adalah program dimana semua pelaku usaha di sektor kelautan dan perikanan seperti nelayan, pembudidaya, pengolah dan pemasar harus terdata di kartu kusuka melalui Penyuluh Perikanan. Program ini berada di bidang pemberdayaan dan kelembagaan usaha perikanan.
  2. Bantuan benih ikan. Melalui bidang usaha Budidaya dan Pembenihan, dinas perikanan  akan  memfasilitasi benih ikan baik ikan air laut maupun ikan air tawar kepada kelompok masyarakat pembudidaya yang membutuhkan.
  3. Penerbitan Rekomendasi Izin Kapal diatas 5 GT dan mengeluarkan BPKP (Bukti Pencatatan Kapal Perikanan) untuk nelayan-nelayan kecil yang memiliki kapal < 5 GT yang kedudukannya setara dengan SIUP maupun SIPI.  Selain itu ada juga pelatihan peningkatan mutu bagi kelompok pengolah. Program ini berada di bidang Perizinan, Pembinaan Mutu dan Pengolahan Tempat Pelelangan Ikan.
Bidang Pemberdayaan dan Kelembagaan Usaha Perikanan

 

Bidang Perizinan, Pembinaan Mutu dan Pengelolaan TPI

 

Bidang Usaha Budidaya dan Pembenihan

 

Add new comment

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.