Skip to main content
penyuluh perikanan lakukan seleksi benih

Penyuluh Perikanan Memotivasi Kelompok Lewat Seleksi dan Penebaran Benih di Alolama, Kota Kendari

#Kabar_Penyuluhan_Perikanan

Dalam rangka memotivasi para pelaku utama perikanan khusunya kelompok pembudidaya ikan air tawar di Kelurahan Alolama Kecamatan Mandonga Kota Kendari, Penyuluh Perikanan Kota Kendari melakukan menjaring aspirasi kelompok pelaku utama perikanan bidang budidaya,  Rabu (6/12) lalu.

Salah seorang Penyuluh Perikanan Kota Kendari, Mirnawati Firdaus, S.Pi. M.Si saat berbincang bincang bersama pelaku utama di wilayah binaannya itu, tertangkap satu keinginan untuk menambah lagi satu unit kolam terpal yang sebelumnya sudah ada dan merupakan bantuan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Kendari, sehingga menjadi dua unit kolam terpal untuk pemeliharaan ikan.

Keinginan positif ini, kemudian ditangkap oleh penyuluh perikanan pendampingnya, untuk memotivasi anggota kelompok pelaku utama perikanan (Kelompok Peduaweka-es-es).  Selanjutnya anggota kelompok termotivasi dengan membuat kolam terpal secara swadaya, dan siap dibantu benih ikan (Ikan lele) oleh penyuluh perikanan pendamping kelompok.

Alhasil, realisasi permintaan kelompok pembudidaya tersebut akhirnya diwujudkan, dan melalui kegiatan seleksi benih dan penebaran ikan telah dilakukan, Rabu 20 Februari 2019.

Menurut Mirnawati, motivasi yang dilakukannya semata-mata untuk nenunjukkan kerja nyata di lapangan dan telah nampak pada beberapa anggota kelompok pelaku utama perikanan, yang selanjutnya bersama penyuluh perikanan akan terus mendampingi untuk menumbuhkan minat usaha di bidang perikanan.  “tentu harapannya, agar mulai dari penebaran, pemeliharaan hingga menjual hasilnya di pasar dilakukan oleh pelaku utama perikanan itu sendiri, dengan memperpendek jalur rantai tataniaga, sehingga nantinya tercipta kemandirian oleh pelaku utama perikanan”, harapnya.

Semoga Sukses..... (aes/mier).-

Add new comment

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.