Skip to main content
kadis KP Kota Kendari membuka pelatihan teknik pengemasan produk perikanan di Aula DKP, Selasa (12/3).

Tingkatkan Pengetahuan Teknik Pengemasan Produk, NSLIC/NSELRED Latih Pelaku Usaha Pengolah Perikanan

Salah satu kebijakan Pemerintah Kota Kendari dalam menumbuhkan sektor perikanan adalah pengembangan produk olahan perikanan. Hal tersebut karena ditunjang potensi sumberdaya dan peluang pengembangan usaha perikanan untuk menjadikan Kota Kendari sebagai sentra pengolahan ikan terbesar di Sulawesi Tengggara. “Bukan hal yang tidak mungkin, dengan tersedianya fasilitas dan infrastruktur prasarana Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Kendari dan TPI-PP Sodohoa, besarnya jumlah nelayan dan sarana penangkapan serta posisi strategis sebagai ibukota provinsi dan sebagai kutub pertumbuhan ekonomi dari 17 kabupaten/kota lainnya di Sultra, maka Kota Kendari layak menjadi sentra pengolahan ikan terbesar di Sultra”, ujar Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Kendari, Agus Salim Safrullah  saat membuka Pelatihan Teknik Pengemasan Produk Perikanan, yang diselenggarakan Kerjasama DKP Kota Kendari dan Project NSLIC/NSELRED (National Support for Local Investment Climates)/ National Support for Enhancing Local and Regional Economic development (NSELRED) Kota Kendari di Aula DKP Kota Kendari, Selasa (12/3).

 

Menurut Agus, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan ini, karena pengemasan produk perikanan sudah sejalan dengan konsep industrialisasi perikanan dimana tiga faktor kunci diantaranya meningkatkan nilai tambah hasil perikanan, meningkatkan efisiensi, dan daya saing produk. “Beberapa fungsi pengemasan yang memenuhi standar, antara lain adalah produk perikanan bisa terlindungi dari gangguan keamanan (higienitas) dan kerusakan fisik atau benturan, penyimpanan supaya bisa awet dan mendekati produk segar, informasi produk dapat diketahui sumber dan komposisinya, pelayanan konsumen dan promosi bisa memberikan daya tarik pembeli produk”, jelasnya.    

 

Ketua Panitia Hj, Hartati melaporkan, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan kelompok olahan perikanan dalam pengemasan produk perikanan, dan berlangsung selama dua hari, mulai 12 – 13 Maret 2019, dengan jumlah peserta sebanyak 27 orang masing-masing Pengurus Koperasi Mayarita Sentosa, KSU Adi Jaya Lestari, Kelompok Bonesa, tim DKP dan Penyuluh Perikanan Lapangan.

 

Turut hadir dalam pelatihan ini, Koordinator NSLIC/NSELRED Kota Kendari Hj. Nurhasniati, ST, M.Si. Ketua Tim Pokja, Drs. Wahyu Mappiabang, Kabid Pemberdayaan dan Kelembagaan Usaha Perikanan DKP Kota Kendari,  Hj. Rini Rismayanti, SE, MM, serta narasumber Dr. Siti Zakiah Ma’mun, SE, M.Si (Dosen UMK Kendari) dan Laode Rajab Nadia, S.Pi, MP (Dosen UHO Kendari). (aes)

Add new comment

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.