Skip to main content

TUJUAN

Dalam mengimplementsikan Misi Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Kendari yang telah ditetapkan, maka diperlukan penajaman dari pada misi tersebut dengan memperhatikan skala prioritas dari pada yang hendak dicapai oleh organisai dalam 5 (lima) tahun mendatang. Sehubungan dengan hal tersebut, tujuan yang ditetapkan adalah :
  1. Meningkatkan pembinaan dan pengawasan terhadap pemanfaatan sumberdaya Kelautan dan Perikanan
Sebagai sektor unggulan di bidang kelautan, sumberdaya perikanan harus dikelola secara baik dan benar agar tercipta optimalisasi produksi tanpa merusak kelestarian sumberdaya dan lingkungannya. Untuk menjamin terlaksananya pengawasan yang efisien dan efektif, maka koordinasi, sinkronisasi dan kerjasama pengawasan dengan instansi terkait perlu lebih ditingkatkan yang disertai perangkat pendukung dalam operasionalnya. Peran Sistem Pengawasan Masyarakat (Siswasmas) berikut sistem, prosedur tata hubungan kerja antara kelompok masyarakat dengan aparat penegak hukum sangat diperlukan.
  1. Meningkatkan produksi dan produktivitas hasil-hasil perikanan
Untuk mewujudkan tujuan ini, maka pengembangan komoditas perikanan, baik hasil perikanan tangkap maupun perikanan budidaya dioptimalkan melalui pemanfaatan secara berimbang dengan memperhatikan kelestariannya. Karakter strategis yang diperhatikan antara lain komoditas produk unggulan yang berorientasi pasar dan berdaya saing tinggi.
  1. Meningkatkan kualitas dan daya dukung lingkungan sehingga pembangunan ekonomi sektor Kelautan dan Perikanan dapat berlangsung secara berkesinambungan
Untuk mewujudkan tujuan ini, maka legalisasi rencana pemanfaatan dan peruntukan ruang/lahan harus jelas guna menjamin kelangsungan usaha di bidang perikanan. Peranan tata ruang ini pada hakekatnya, untuk mencapai pemanfaatan sumberdaya secara optimal, meningkatkan kualitas dan daya dukung lingkungan serta menghindari konflik dalam pemanfaatannya, sehingga pembangunan ekonomi sektor kelautan dan perikanan dapat berlangsung secara berkesinambungan.
  1. Memberdayakan masyarakat secara efektif dalam mengelola potensi sumberdaya kelautan dan perikanan secara terpadu dan berkelanjutan
Untuk mewujudkan tujuan ini, maka salah satu langkah efektif yang harus dilakukan adalah pola kemitraan antara nelayan kecil dengan perusahaan skala besar. Dalam hubungan Inti/Plasma dengan kompetensi masing-masing akan saling memperkuat, saling membutuhkan dan saling menguntungkan, sehingga pemberdayaan masyarakat dapat terakses melalui sistim permodalan dan diharapkan secara efektif mengelola potensi sumberdaya kelautan dan perikanan secara terpadu dan berkelanjutan.
  1. Meningkatkan kesejahteraan hidup dan kemandirian nelayan dan pembudidaya ikan
Untuk mesujudkan tujuan ini, maka peran aparat Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Kendari bersama-sama aparat terkait lainnya sangat diperlukan, terutama dalam memberikan pelayanan yang terbaik, termasuk dalam hal pembinaan agar nelayan dan pembudidaya ikan tercipta kemandirian dalam berusaha untuk meningkatkan kesejahteraannya.
  1. Meningkatkan penerimaan pendapatan asli daerah
Untuk mewujudkan tujuan ini, maka langkah-langkah untuk mengoptimalkan penggalian sumber-sumber pendapatan daerah di sektor kelautan dan perikanan harus dilakukan melalui intensifikasi dan ekstensifikasi, yang diikuti dengan peningkatan kualitas dan kuantitas SDM petugas serta sarana dan prasarana penunjang operasional lainnya.
  1. Meningkatkan fungsi kelembagaan nelayan dan pembudidaya ikan
Untuk mewujudkan tujuan ini, maka pemberdayaan nelayan dan pembudidaya ikan melalui kelembagaan kelompok-kelompok tani nelayan ditingkatkan, agar mampu seara efektif mengartikulasikan aspirasi dan kepentingan para nelayan dan pembudidaya ikan di tingkat bawah.
  1. Meningkatkan kompetensi, kualitas dan profesionalisme SDM aparatur
Untuk mewujudkan tujuan ini, maka peningkatan mutu SDM aparatur baik melalui pendidikan formal, Diklat Perjenjangan maupun Teknis Fungsional. Aparatur yang profesional dan berkualitas dalam arti aparatur yang menguasai pekerjaannya memiliki integritas tinggi, inovatif dan penuh tanggung jawab terhadap tugas, dalam merealisasikan semua tujuan dan sasaran Dinas Kelautan dan Perikanan kota Kendari.