Skip to main content

Visi

Visi SKPD Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Kendari yang ingin diwujudkan adalah ”Terwujudnya Pengelolaan dan Pemanfaatan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan yang Maju, Berdaya Saing dan berkelanjutan”.

Makna Visi tersebut di atas, adalah:

  • Maju, dimaksudkan berbudaya industri dan teknologi, berorientasi agribisnis perikanan, berbasis masyarakat pesisir dan berwawasan lingkungan (Blue Economy).
  • Berdaya Saing, dimaksudkan untuk menjadikan komoditas perikanan sebagai komoditas strategis unggulan yang berorientasi pasar dan bermartabat untuk mencapai kesejahteraan masyarakat.
  • Berkelanjutan, dimaksudkan agar pengelolaan dan pemanfaatan potensi sumberdaya perikanan dilaksanakan secara arif bijaksana dan berkualitas dalam rangka kelestarian lingkungan dan sumberdaya.

Misi

Untuk mewujudkan Visi Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Kendari ke depan, maka ditetapkan Misi sebagai berikut :

  1. Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (nelayan, pembudidaya ikan, Pengolah hasil dan aparatur)

Peningkatan kualitas SDM nelayan, pembudidaya ikan, pengolah hasil dan aparatur antara lain dilakukan melalui pembinaan, penyuluhan dan pelatihan, dengan tidak hanya pada aspek teknis perikanannya saja, melainkan juga aspek bisnis (wirausaha), manajerial serta akhlak mulia.

  1. Menyediakan sistem, sarana dan prasarana perikanan untuk optimalisasi pemanfaatan dan pengelolaan potensi sumberdaya kelautan dan perikanan

Untuk mengoptimalkan pengelolaan dan pemanfaatan seluruh potensi sumberdaya perikanan (perairan air tawar, payau, dan laut) diperlukan penyediaan sistem, sarana dan prasarana perikanan yang memadai.

  1. Meningkatkan apresiasi dan partisipasi masyarakat dalam pengawasan dan pengendalian, serta pemeliharaan daya dukung kelestarian sumberdaya kelautan dan perikanan agar dapat dikelola dan dimanfaatkan secara maksimal berkelanjutan

Upaya ini dilakukan dalam rangka memelihara sekaligus meingkatkan daya dukung serta kualitas keanekaragaman hayati dan nilainya dengan tetap memperhatikan aspek pemanfaatan secara berkelanjutan.

  1. Meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat serta menciptakan iklim berusaha yang kondusif bagi pelaku usaha perikanan dalam rangka peningkatan produktivitas usaha dan tingkat kesejahteraannya

Upaya ini diarahkan untuk dapat memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat, termasuk didalamnya para pelaku bisnis usaha perikanan agar tumbuh iklim berusaha yang kondusif serta dapat berpartisipasi aktif dalam pembangunan sektor kelautan dan perikanan.

  1. Meningkatkan penataan dan penegakan supremasi hukum di laut

Perairan laut memiliki potensi bagi perekonomian daerah, sehingga diperlukan pengawasan dan pengendalian agar tidak dieksploitasi oleh pihak-pihak dengan cara-cara yang tidak bertanggung jawab. Agar pemanfaatan sumberdaya laut tersebut dapat berjalan optimal, maka harus menegakkan supremasi hukum di laut, dan implementasi hukum ini dapat terlaksana tanpa ada diskriminasi, dengan diikuti peningkatan kemampuan dan profesionalisme aparat.

6. Meningkatkan kerjasama/kemitraan dengan instansi Pusat dan daerah serta instansi terkait lainnya termasuk LSM, Ormas, Swasta dan lembaga donor dalam rangka peningkatan kinerja

Dalam rangka peningkatan kinerja, maka perlu dibangun hubungan yang solid antar berbagai pihak sehingga terjalin koordinasi dan kerjasama yang baik dalam upaya mewujudkan Kepemerintahan yang baik (Good Governance).