Skip to main content
Salah satu aktivitas usaha kelompok Pentol Siomay Bang Ary di Rahandauna, Kota Kendari (Foto : Asnar)

Pacu Kualitas Produk, DKP Kota Gelar Penilaian Poklahsar

Dalam rangka menilai kemampuan kelembagaan dan pelaku utama kelompok pengolah perikanan, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Kendari melaksanakan kegiatan penilaian kelas kemampuan Kelompok Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (Poklahsar), di Rahandauna, beberapa waktu yang lalu. Salah satu kelompok yang dinilai adalah Kelompok Pentol Siomay Bang Ary yang berdomisili di Kelurahan Rahandouna Kecamatan Poasia., Kota Kendari

 

Menurut salah seorang Penyuluh Perikanan Pendamping di wilayah itu, Mini Basirun, S.Pi mengungkapkan, Poklahsar menjadi  acuan untuk meningkatkan kelas kemampuan kelompok ke jenjang yang lebih tinggi. Beberapa faktor yang dinilai dalam Poklahsar ini antara lain meliputi perencanaan, kemampuan berorganisasi, akses kelembagaan, kemampuan wira usaha, dan kemandirian.

 

Damiri,  salah seorang anggota Kelompok Pengolah Pentol Siomay  Bang Ary menyambut baik kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan penilaian ini sangat memotivasi para pengolah hasil perikanan untuk lebih bersaing dalam hal kualitas produk dan pengelolaan usahanya. Damiri mengusulkan agar ke depan dibuat pusat kuliner hasil perikanan yang dibina langsung oleh Dinas Kelautan dan Perikana kota Kendari, agar bisa lebih fokus dalam membina pelaku usaha.

Selain kelompok Pengolah  Pentol Siomay Bang ary, Poklahsar juga dilakukan pada beberapa kelompok pengolah lain, diantaranya kelompok Rifa Food, dan Bonesa. (asnar/ags)

Add new comment

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.